Menu Close
NO.PENGEMBANGAN PROGRAM STUDIJENIS PROGRAM STUDIDASAR PERTIMBANGANKEKUATAN INTEGRASI (DISTINGSI DAN EKSELENSI)FIlosofi Keilmuan
1.Hukum Internasional Umum- Munculnya pemahaman tentang hukum internasional semakian kabur dan misleading - Hukum Internasional yang diintegasikan dengan perkembangan hukum Islam Internasional, misalnya: pembagian WNI: kafir harbi, kafir zimmi, kafir mu’ahadah dan kafir musta’man Professional & Applied Sciences
2.Teknologi Hasil Peternakan Umum- Propinsi Bengkulu memiliki 60 % (924.631 Ha) hutan lindung yang dapaat dimanfaatkan secara tumpangsari untuk peternakan hewan
- Adanya dukungan gubernur sebagai Dokter Hewan, yang menjalin kerjasma dengan UGM dan ITB
- Hutan di Bengkulu yang masih alami dengan kekayaan fauna yang masih banyak, seperti monyet yang masih banyak hidup di hutan.
- Teknologi hasil Pertanian dikembangkan dengan muatan pemberlaskuan UU Produk Halal, Jaminan produk halal
- Akan didirikan Halal Centre sebagai Laboratorium
- Akan dikembangkan budi daya ternak monyet untuk komoditas ekspor
Professional & Applied Sciences
3.Kedokteran Hewan Umum- Semakin dibutuhkan lulusan Kedokteran Hewan untuk berkiprah di Puskeswan pada setiap desa dan Klinik Hewan untuk konsultasi dan perawatan hewan
- Adanya budaya masyarakat yang memelihara hewan secara tradisional
Mendidik calon-calon dokter-dokter ahli hewan berbasis syari’ah dengan membekali mereka dengan kompetensi keilmuan dalam : cara memelihara, memotong, mengolah, pengemasan dll sesuai rambu-rambu syari’ah untuk menjamin kehalalannyaProfessional & Applied Sciences
4.Teknologi Hasil Laut dan dan Perikanan UmumDidukung dengan potensi dan daya dukung wilayah Bengkulu yang berhadapan langsung dengan laut, dengan memiliki wilayah laut 2.335, 2 KM 2Melahirkan ahli-ahli yang berkompeten dalam mengolah hasil laut dan perikanan dengan prinsip-prinsip menjaga keselamatan lingkungan dan ramah alam (fiqh lingkungan/Fiqhul Bi’ah) Professional & Applied Sciences
5.Pendidikan Vokasi Teknologi Otomotif Umum- Pemerintah mendorong tumbuhnya industri otomatif
- Pemerintah mencanangkan program untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia dalam membangun sumber daya manusia yang kompeten dan memiliki daya saing tinggi khususnya pada sektor industri.
- Pertumbuhan kebutuhan masyarakat akan teknologi otomatif yang semakin pesat
- Membekali lulusan dengan pengetahuan tentang teknik otomotif, perawatan otomotif dan lain-lain.
- Menyediakan pembelajaran tentang teknik otomotif bagi calon-calon pratisi dalam dunia kerja di bidang teknologi otomotif.
Professional & Applied Sciences
6.Psikologi Umum- Kehidupan modern yang berat mudah memunculkan permasalahan psikologis yang dialami seseorang melalui perubahan sikap ataupun gaya hidupnya.
- Maraknya kecemasan, seperti gangguan obsesif kompulsif atau OCD, fobia, serangan panik, atau Post Traumatic Stress Disorder (PTSD), gangguan mood atau suasana hati, kecanduan atau adiksi, Gangguan kepribadian, Skizofrenia  dan lain-lain.
- Menghasilkan lulusan sarjana yang memiliki integritas moral, menghargai harkat dan martabat manusia secara profesional dan bertanggung jawab, pemahaman konsep dan teori psikologi secara universal dan lokal (indonesia) yang mumpuni, memiliki semangat karya dengan menggunakan kaidah proses berpikir ilmiah maupun praktikal sesuai ketentuan Kode Etik Psikologi berdasarkan prinsip-prinsip moralitas Islami dan kebangsaan
- Membekali Mahasiswa dengan keterampilan untuk dapat membina relasi profesional dengan klien individual maupun kelompok. Keterampilan ini merupakan bekal untuk membantu klien agar lebih berdaya, yang akan diperdalam pada pendidikan Magister Psikologi Profesi. Metode belajar yang berupa simulasi (role play), pemeriksaan kasus nyata merupakan proses belajar yang efektif dengan supervisi dan umpan balik individual oleh dosen pembimbing mahasiswa. Dengan didasari semangat nilai-nilai Islami dan Kebangsaan
- Melatih mahasiswa dapat memaknakan dan mengaplikasikan teori-teori psikologi, ataupun dalam menyusun penulisan yang sesuai dengan kaidah-kaidah penulisan ilmiah dengan berbasis nilai-nilai spiritual Islami dan kebangsaan.
Professional & Applied Sciences
7Kepariwisataan Syari'ah Keagamaan- Daya dukung lingkungan yang mempesona sebagai destinasi pariwisata berupa peninggalan rumah Bung Karno dan Rumah Fatmawati, daerah pesisir pantai panjang, wisata gunung dan hutan, budaya tabot, benteng, pulau Enggano, Pulau Tikus, wisata pelabuhan, kebun teh, Bunga Raflesia, wisata durian dan lain-lain. Wisata di Bengkulu masih belum berlandaskan prinsip-prinsip syari’ah padahal mayoritas warga masyarakat Bengkulu beragama Islam.
- Melahirkan sarjana yang memahami teori pengembangan pariwisata dan praktisi pengembang jasa kepariwisatan berbasis Syariah dan kearifan lokal dengan menjaga kelestarian alam dan ramah lingkungan.
- Pariwisata syariah tentu makanan dan minuman halal tidak hanya tersedia di hotel syariah, tetapi wisatawan dengan mudah mendapatkan di berbagai tempat. Jadi seharusnya banyak tersedia restoran halal, bahkan oleh-oleh dan cinderamata seharusnya juga terjamin halal.  Jaminan halal ini tentu harus dikeluarkan  oleh pihak yang terpercaya dan dipercayai masyarakat (internasional), misalnya label halal LPPOM MUI. 
- Mengandung konsep yang lebih luas, yaitu  pariwisata yang keseluruhan aspeknya tidak bertentangan dengan syariah. Dalam industri pariwisata terdapat banyak aspek dan pelaku yang terlibat, misalnya hotel dan akomodasi, makanan dan minuman, transportasi, fasilitas ibadah, dan tentu obyek wisata itu sendiri. 
- Menekankan ikon Islamic Tourism, Halal Friendly Tourism Destination, Halal Travel, Muslim-Friendly Travel Destinations, atau halal lifestyle.  Konsep wisata syariah lebih luas dari wisata reliji, dimana kalau wisata reliji didefinisikan sebagai wisata dalam kerangka kepentingan ibadah/agama, misalnya haji dan umroh ke tanah haram, atau sebagian umat Islam berziarah ke makam-makam  para wali/aulia/tokoh agama. 
Social Sciences
8Ilmu Seni & Arsitektur IslamKeagamaan- Kebutuhan dunia kerja di Bengkulu dibidang kesenian dan arsitektur yang terus meningkat, serta dinamika kehidupan asyarakat Bengkulu yang kental akan budaya Islam, maka penting untuk tersedia bidang ilmu seni & arsitektur dengan nuansa Islam berbasis filsafat (al-Qur’an Hadis) mengingat perguruan tinggi di Bengkulu hanya tersedia dalam bidang seni & arsitektur umum.
- Disamping itu, dasar pertimbangan lain yaitu ilmu seni dan arsitektur penting untuk disediakan mengingat saat ini di Bengkulu kesenian-kesenian lokal bernafaskan Islam mulai musik dol, tari persembahan, Syarafal Anam dan sejenisnya.
- Seni dan arsitektur yang mengacu ke paradaban Islam Persia Studi Islam Persia bisa dikembangkan di UIN Bengkulu karena sudah sejak beberapa dekade institusi ini menghadirkan pakar, budayawan dan birokrat dari Iran dalam momentum festival budaya Tabot yang diselenggarakan di Bengkulu pada setiap tahun. Selain itu, dapat diperkaya kajian-kajian mendalam dan intensif untuk mengkaji filsafat, tasawuf, bahasa dan budaya.
- Prodi Ini akan mempelajari arsitektur Islam, yakni: sebuah karya seni bangunan yang terpancar dari aspek fisik dan metafisik bangunan melalui konsep pemikiran islam yang bersumber dari Al-Qur’an, Sunnah Nabi, Keluarga Nabi, Sahabat, para Ulama maupun cendikiawan muslim.
- Prodi ini membuka peradaban baru yang menghubungkan lingkup islam dengan seni. 
- Ada tiga pertimbangan utama dibukanya prodi ini, yakni dari aspek filosofis, institusional dan pragmatis. Dari aspek filosofis, dapat tiga  segi: logika, etika, dan estetika. Logika mengacu pada pengetahuan tentang bagaimana alam di kelola.  Etika melahirkan  kekuasaan yang diatur oleh ilmu politik, ekonomi diatur oleh ilmu ekonomi, dan sebagainya.  Adapun estetika dalam hal ini, menyangkut bagaimana manusia berekspresi atas pengalaman keindahan.
- Mengembangkan arsitektur Islam yang berkembang begitu luas, baik di bangunan sekuler (gedung, rumah, atau perkantoran) maupun bangunan keagamaan. Seiring perkembangan zaman, arsitektur Islam yang turut mewarnai hampir seluruh pendirian bangunan kini makin kaya khazanah dengan memadukan arsitektur Islam dengan lainnya, seperti Roma, Persia, Cina, dan lainnya. Sehingga, konsep arsitektur Islam terkadang malah tak tampak dari luar.
Islamic Sciences
9Studi Islam (Doktor) Keagamaan- Kebutuhan akan tenaga ahli Islam untuk menjawab tuntutan masyarakat Provinsi Bengkulu. Pendalaman kapasitas akademik, bagi dosen/peneliti pada rumpun keilmuan yang berkaitan dengan Islamic Studies.- Melahirkan Doktor dalam bidang pengkajian Islam dengan penguasaan keilmuan yang mampu mengintegrasikan sains, Islam, globalisasi, kearifan lokal dan profesional. Islamic Sciences